BAB II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian
Mekanisme Pasar
Objek dari ilmu ekonomi adalah
konsumen, produsen. Dimana kesemua objek tersebut akan dipertemukan dalam
mekanisme pasar, baik pasar tenaga kerja, pasar barang ataupun pasar modal.
Dengan kata lain, mekanisme pasar adalah tejadinya interaksi antara permintaan
dan penawaran yang akan menentukan tingkat harga tertentu. Sehingga dengan
adanya transaksi tersebut akan mengakibatkan terjadinya proses transfer barang
dan jasa yang dimiliki oleh setiap objek ekonomi tersebut. Dengan kata lain,
adanya transaksi pertukaran yang kemudian disebut sebagai perdagangan adalah
satu syarat utama dari berjalanya mekanisme pasar.
Suatu pola ekonomi yang dialami oleh suatu zaman sangatlah
tergantung dari peradaban yang berlaku. Peradaban yang memandang dan tumbuh
dari dunia pertanian tidak menjamin system perdagangan juga akan tumbuh dan
berkembang. Sedangkan peradaban yang tumbuh dan berkembang dari dunia
perdagangan sangat memungkinkan mendorong terwujudnya dan terpenuhinya sitem
pertanian maupun industry. Dunia islami yang pada awalnya memang berawal dari
peradaban Arab, adalah suatu zaman telah maju apabila dibandingkan dengan
peradaban yang lain, terutama dalam dunia perdagangan. Sehingga dari adanya
kemajuan perdagangan akan memungkinkan berkembangnya pasar. Sebelum dijelaskan
tentang bagaimana mekanisme pasar terbentuk[1].
B.
Mekanisme Pasar
Dalam Islam
Dalam konsep ekonomi islam penentuan
harga dilakukan oleh kekuatan pasar yaitu kekuatan permintaan dan penawaran.
Pertemuan permintaan dan penawaran tersebut haruslah terjadi secara rela sama
rela, tidak ada pihak yang merasa terpaksa untuk melakukan transaksi pada suatu
tingkat harga.
Keseimbangan pasar
Q* jumlah
Keterangan :
P* : harga
Q* : jumlah
D : demand
(permintaan)
S : supply (penawaran)
Keseimbangan
pasar terjadi pada saat perpotongan kurva supply dan demand dalam keadaan ‘an
taradim minkum (rela sama rela). Bila ada yang mengganggu keseimbangan ini
pemerintah harus melakukan keintervensi ke pasar[2].
Keadaan
rela sama rela merupakan kebalikan dari keadaan aniaya yaitu mana kala salah
satu pihak senang diatas kesediaan pihak lain. Dalam hal harga, para ahli fikih
merumuskannya sebagai the price of the equivalen (harga padan). Konsep harga
padan ini mempunyai implikasi penting dalam ilmu ekonomi , yaitu keadaan pasar
yang kompetetif.
Dalam konsep islam, monopoli,
duopoly, oligopoly, dalam artian hanya ada satu penjual, dua penjual, atau
beberapa penjual tidak dilarang keberadaannya, selama mereka tidak mengambil
keuntungan diatas keuntungan normal. Ini merupakan konsekuensi dari konsep
harga padan.
Islam
mengatur agar persaingan dipasar dilakukan dengan adil. Setiap bentuk usaha
yang dapat menimbulkan ketidak adilan dilarang. Praktek bisnis yang dilarang
antara lain sebagai berikut :
1.
Talaqqi rukban
yaitu pedangan membeli barang penjual sebelum mereka masuk kota. Praktek ini
dilarang karena pedagang yang menyongsong dipinggir kota mendapat keuntungan
dari ketidak tahuan penjual dari kampung akan harga yang berlaku dikota.
Mencegah masuknya pedagang desa kekota ini (entry barrier) akan menimbulkan
pasar yang tidak kompetitif.
2.
Mengurangi
timbangan, karena barang dijual dengan harga yang sama untuk jumlah yang lebih
sedikit.
3.
Menyembunyikan
barang yang cacat karena penjual mendapatkan harga yang baik untuk kualitas
rang yang buruk.
4.
Menukar kurma
kering dengan kurma basah Karena takaran kurma basah ketika kering bisa jadi
tidak sama dengan kurma kering yang ditukar.
5.
Menukar satu
takar kurma kualitas bagus dengan dua takar kurma kualitas sedang karena setiap
kualitas kurma mempunyai harga pasarnya. Rosulullah menyuruh menjual kurma yang
satu kemudian membeli kurma yang lain dengan uang.
6.
Transaksi
najasy yaitu sipenjual menyuruh orang lain memuji barangnya atau menawar dengan
harga tinggi agar orang lain tertarik.
7.
Ikhtikar yaitu
mengambil keuntungan diatas keuntungan normal dengan menjual lebih sedikit
barang untuk harga yang lebih tinggi.
8.
Ghaban faa-hisy
(besar) dilarang yaitu menjual diatas harga pasar[3].
C. Penentuan Harga Keseimbangan
1.
Mekanisme Pasar
(Teori Permintaan)
Permintaan adalah jumlah barang yang dibeli
oleh konsumen dengan harga danperiode
tertentu.
Teori permintaan yaitu analisis dalam ilmu
ekonomi yang menerangkan faktor-faktor yang menemukan permintaan, dan bagaimana
faktor-faktor ini mempengaruhi keseimbangan.
Kurva permintaan
individual adalah suatu kurva yang menunjukkan jumlah-jumlah suatu barang untuk
setiap satuan waktu oleh seorang konsumen yang ingin membeli pada berbagai
harga satuan barang tersebut.
Permintaan Pasar dan
Kurva Permintaan (market demand curve), menunjukkan hubungan antara
jumlah barang yang diminta dari berbagai tingkat harganya.
Hukum Permintaan (law
of demand), menyatakan bahwa jika harga naik maka jumlah permintaan turun, ceteris
paribus. Atau sebaliknya. Ceteris paribus, adalah asumsi bahwa
faktor-faktor lain selain harga dianggap konstan.
Permintaan pasar
adalah akumulasi dari seluruh permintaan-permintaan individual. Faktor-faktor
yang mempengaruhi permintaan suatu barang (x), Harga barang (x), Harga barang
lain (y), Selera (T), Pendapatan (I), Ekpektasi (E) dan faktor non ekonomi[4].
Kurva permintaan
1500 2200 Q
Keterangan :
P : harga
Q : jumlah permintaan
D : demand (permintaan)
1.
Mekanisme Pasar
(Teori Penawaran)
Penawaran adalah
keadaan keseluruhan dari hubungan antara harga dan jumlah penawarannya.
Teori Penawaran yaitu analisis dalam ilmu ekonomi yang menerangkan
faktor-faktor yang menentukan penawaran dan bagaimana faktor-faktor ini akan
menentukan keseimbangan dan perubahan keseimbangan di pasar.
Kurva penawaran adalah suatu kurva yang menggambarkan sifat hubungan antara harga suatu barang dengan jumlah yang ditawarkan produsen/penjual.
Penawaran Pasar dan Kurva Penawaran Pasar, adalah keinginan dan kemampuan penjual menawarkan atau memproduksi sejumlah barang pada berbagai tingkat harga.
Kurva penawaran adalah suatu kurva yang menggambarkan sifat hubungan antara harga suatu barang dengan jumlah yang ditawarkan produsen/penjual.
Penawaran Pasar dan Kurva Penawaran Pasar, adalah keinginan dan kemampuan penjual menawarkan atau memproduksi sejumlah barang pada berbagai tingkat harga.
Hukum Penawaran, hubungan antara jumlah barang yang ditawarkan
terhadap perubahan harga adalah searah, ceteris paribus.
Faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran; Biaya produksi, tingkat persaingan, teknologi, ekspektasi pasar dan faktor non ekonomi yang lain.
Faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran; Biaya produksi, tingkat persaingan, teknologi, ekspektasi pasar dan faktor non ekonomi yang lain.
Kurva penawaran
20
4500 6000 Q
Keterangan :
P : harga
Q : jumlah penawaran
S : supply (penawaran)
2.
Intervensi
harga versi Ibnu Taimiyah
Ibnu Taimiyah
memperbolehkan intervensi harga dalam keadaan-keadaan tertentu. Sepintas
pendapatannya ini bertentangan dengan sikap Rosulullah yang menolak intervensi
harga. Namun sebenarnya Ibnu Taimiyah malah menjabarkan hadist Rosulullah
tersebut yaitu harga terjadi secara rela sama rela pada saat penawaran bertemu
permintaan. Bagi Ibnu Taimiyah intervensi harga dapat dibedakan menjadi dua
yaitu [5]:
1.
Intervensi
harga yang zalim
Suatu intervensi harga
dianggap zalim bila harga maksimum (ceiling price) ditetapkan dibawah harga
keseimbangan yang terjadi melalui mekanisme pasar yaitu atas dasar rela sama
rela.
Secara parallel dapat pula dikatakan bahwa harga minimum yang
ditetapkan diatas harga keseimbangan kompetitif adalah zalim.
2.
Intervensi
harga yang adil
Suatu intervensi harga
dianggap adil sepanjang tidak menimbulkan aniaya terhadap penjual maupun
pembeli.
Menurut Ibnu Taimiyah ada beberapa kondisi yang mengharuskan
pemerintah melakukan intervensi harga yaitu :
a.
Produsen tidak
mau menjual barangnya kecuali pada harga yang lebih tinggi daripada harga umum
pasar, padahal konsumen membutuhkan brang tersebut. Dalam keadaan ini
pemerintah dapat memaksa produsen untuk menjual barangnya dan menentukan harga
(intervensi harga) yang adil[6].
b.
Produsen
menawarkan harga barang pada harga yang terlalu tinggi menurut konsumen,
sedangkan konsumen meminta pada harga yang terlalu rendah menurut produsen.
Dalam keadaan ini, pemerintah harus melakukan intervensi harga dengan mendorong
konsumen dan produsen melakukan
musyawarah untuk menentukan harga yang didahului dengan tindakan investigasi
atas demand, supply, biaya produksi dan lainnya. Selanjutnya pemerintah
menetapkan harga tersebut sebagai harga yang berlaku.
c.
Pemilik jasa,
misalnya tenaga kerja, menolak bekerja kecuali pada harga yang lebih tinggi
daripada harga pasar yang berlaku (the prevailing market price), padahal
masyarakat membutuhkan jasa tersebut, maka pemerintah dapat menetapkan harga
yang wajar (reasonable price) dan memaksa pemilik jasa untuk memberikan
jasanya.
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Mekanisme pasar adalah tejadinya
interaksi antara permintaan dan penawaran yang akan menentukan tingkat harga
tertentu. Sehingga dengan adanya transaksi tersebut akan mengakibatkan
terjadinya proses transfer barang dan jasa yang dimiliki oleh setiap objek ekonomi
tersebut. Dengan kata lain, adanya transaksi pertukaran yang kemudian disebut
sebagai perdagangan adalah satu syarat utama dari berjalanya mekanisme pasar.
Saya Widya Okta, saya ingin memberi kesaksian tentang karya bagus Tuhan dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan sebagian lain dari kata tersebut, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman yang curang di sini di internet, tapi mereka tetap asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6-kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka.
ReplyDeleteSaya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan teman saya yang saya jelaskan situasi saya, kemudian mengenalkan saya ke perusahaan pinjaman yang andal yaitu SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya sebesar Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM dengan tarif rendah 2% dalam 24 jam yang saya gunakan tanpa tekanan atau tekanan. Jika Anda membutuhkan pinjaman Anda dapat menghubungi dia melalui email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)
Jika Anda memerlukan bantuan dalam melakukan proses pinjaman, Anda juga bisa menghubungi saya melalui email: (widyaokta750@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka Mrs. Jelli Mira, email: (jellimira750@gmail.com). Yang saya lakukan adalah memastikan saya tidak pernah terpenuhi dalam pembayaran cicilan bulanan sesuai kesepakatan dengan perusahaan pinjaman.
Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya bagus Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Yang Mahakuasa akan selalu memberkatinya.
Best Casinos in San Diego, CA from $77/night - Mapyro
ReplyDeleteCompare all San 수원 출장안마 Diego casinos for a more in-depth look 태백 출장안마 at the 울산광역 출장마사지 top from $77/night The San Diego Hotel 평택 출장마사지 & Casino has 여주 출장마사지 got a casino, a bar and spa, a casino and